Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil

Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar

Membuka Peluang Usaha dari Rumah

Peluang usaha tidak hanya bisa kita dapatkan dengan merantau jauh dari rumah atau kampung halaman. Karena, jika kita jeli membaca sebuah peluang, sebenarnya di sekitar kita pun akan bisa dengan mudah kita dapat.
Pemetaan peluang usaha di sekitar kita bisa dilakukan dengan melakukan survey kecil-kecilan. Tujuannya adalah untuk mengetahui apa kebutuhan yang sedang banyak dicari orang di sekitar kita.
Apa yang ramai dibicarakan orang-orang di sekitar rumah kita, itu sudah membuka sedikit peluang usaha.
peluang usaha rumahan modal kecil
Image Source : Pixabay.com

Contoh Kasus Peluang Usaha

Pada saat orang sedang ramai membicarakan “Seblak”, sebuah makanan olahan yang disajikan langsung layaknya Mie Baso atau Mie Ayam, tidak sedikit orang yang dengan semangatnya berjualan makanan ini.

Lain Halnya dengan yang jeli membaca peluang usaha, ketika orang ramai membuka usaha Seblak, yang dilakukannya adalah menganalisa produk jajanan tersebut di rumahnya, setelah beberapa tahapan dilalui sampai pada kesimpulan bagaimana menciptakan Seblak Instant.

Goalnya ? Tahan Lama dan mampu menjangkau pasar lebih luas. Instant sih memang, hanya dalam bentuk penyajiannya saja.

Atas analisa mendalamnya tentang produk seblak tersebut, hasil yang didapatkannya pun berbeda, karena pasarnya pun lebih luas, dibandingkan dengan yang hanya ikut-ikutan berjualan di sekitar rumah.

Memanfaatkan Marketplace Online

Yang jeli membaca peluang, jeli juga membaca trend jual beli yang dilakukan pada saat ini. Bagaimana faktor marketplace online mampu mendongkrak penjualan suatu produk yang notabene lokasi penjualnya tidak berada di kota besar.

Bagaimana produsen yang berdomisili di pedesaan mampu menggaet pasar nasional, bahkan ada yang sampai lintas negara, di zaman teknologi informasi segalanya menjadi mungkin, termasuk urusan menjual seblak, sebuah usaha rumahan modal kecil.

Kualitas Produk dan Pengemasan

Setelah jeli membaca peluang, selanjutnya yang harus diperhatikan adalah kualitas produk yang hendak dijual.

O ya, sebelumnya kami informasikan bahwa kejelian dalam bentuk membuat seblak instant yang lebih awet dan bisa menjangkau pasar yang lebih luas itu merupakan inovasi bisnis.

Kembali ke kualitas produk, jika kita sudah menemukan produk utamanya, adakan uji coba dulu dari sisi kualitas, jangan langsung asal jualan,

Biarkan selama uji coba sampai menemukan formula rasa yang akan menjadi rahasia dapur kita, pasar tetap berjalan.

Inovasi Bisnis Untuk Raih Konsumen Loyal

Kita tidak akan pernah ketinggalan tren, karena membuka usaha hanya mengikuti euforia berbeda dengan membuka usaha dengan inovasi segar dan mendalam.

Trend nya bertahan lama dan akan memiliki pangsa pasar loyal. Pembeli yang siap repeat order, bukan konsumen musiman.

Packaging atau pengemasan adalah suatu hal yang penting dalam menjual suatu produk, apalagi kuliner, apalagi pangsa pasar online yang hendak diraih.

Kemasan Berperan Vital

Meskipun tidak menjadi suatu keharusan yang utama, akan tetapi coba saja kita ingat-ingat pengalaman di lapangan, bagaimana produk jajanan yang dikemas sempurna dengan yang dikemas asal-asalan, Mana yang lebih menggoda ?.

Pernah dengar Kripik Singkong Ma Icih ?, ya itu adalah suatu karya inovasi bisnis dari hal yang mungkin oleh kita dianggap sesuatu yang sepele, receh, enggak banget, tapi apa kenyataannya ?, berapa omzetnya ?, Laba?, tidak usah ditanya.

Mungkin sebagian orang akan ada yang beranggapan, seolah kita hanya membeli kemasan. Tapi tidak demikian, karena rasa yang dihadirkan pun tetap dijaga. Jadi kemasan adalah suatu bagian dalam penjualan yang memiliki peranan sangat vital.

Branding Produk

Untuk pemberian nama produk yang akan kita jual pun tidak kalah penting, bikin nama produk yang unik, padukan dengan desain yang relevan sehingga memiliki nilai filosofis. Kripik Singkong Ma Icih adalah contoh dari itu.

Unik Tidak Berarti Ekstrem

Saya sempat teringat dengan nama suatu produk jajanan, yang menambahkan nama setan pada nama produknya, saya coba analisa ?, unik ?, oke sekilas ia, orang akan penasaran dengan itu, tapi tidak akan bertahan lama. Karena itu identik dengan sesuatu yang buruk.

Bahkan saya mengalami langsung, ketika produk itu belum diganti namanya, saya bahkan menolak untuk mengkonsumsi padahal waktu itu ditawari gratis. Tapi setelah diganti, saya malah yang traktir.

Apakah hanya saya saja yang memiliki prinsip itu, tentunya tidak, orang lain pun banyak, bahkan bisa jadi itu adalah yang hendak menjadi konsumen loyal

Coba Anda Bandingkan “Bakso Setan” dengan “Bakso Cepot”, Mana yang pangsa pasarnya lebih luas dan bertahan lama ? Bandingkan juga “Soto Jahannam” dengan “Soto Basket”.

So, Unik boleh bahkan harus, tapi tidak ekstrem juga kali.

Lebih baik telat terjun ke pasar karena kekurangan modal awal daripada langsung jor joran di pasar mengandalkan modal pas pasan tapi dengan performance yang asal tayang.

Nah, apakah sudah ada ide untuk usaha rumahan dengan modal kecil ?, Temukan Informasi Update di Halaman Peluang Usaha tataweb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *