Dasar Online Marketing Yang Perlu diketahui

Mengenal Online Marketing Dari Dasar

Dari akar katanya saja kita sudah mengetahui bahwa Online Marketing adalah sebuah aktifitas, suatu rangkaian proses. Bukan kata sifat, kata benda, keterangan tempat dan bukan pula subjek atau pelaku.
dasar online marketingKenapa perlu dijelaskan dari akar kata ?, tiada lain supaya para pelaku pemasaran di dunia online tidak tergesa-gesa melakukan aktifitas online marketing yang justru nantinya tidak bisa meraih goal dari tujuan pemasarannya sendiri.

 

Jika sudah mengetahui prinsip dasarnya, maka dengan sendirinya akan mencari tahu lebih dalam tentang apa itu online marketing dan harus seperti apa menjalankannya.

 

Dilakukan secara daring/online itu sudah pasti, namanya juga online marketing. Masalahnya adalah pada bagaimana online marketing bisa berhasil sesuai harapan, itulah alasan tulisan ini dibuat.
Kami mencoba meluruskan anggapan para pelaku usaha online bahwa online marketing sebagai aktifitas serba instant dalam meraih kesuksesan bisnis, sangat mengkhawatirkan.
Jangan dikira bahwa di online marketing tidak diperlukan pengetahuan tentang perilaku konsumen layaknya di bisnis offline. Sama saja, hanya media yang digunakan saja yang membedakannya.
Memang efek yang dihasilkan dalam bisnis pun akan sangat luar biasa, kita bisa lihat contoh bagaimana pelaku usaha di Indonesia bisa memasarkan produknya sampai ke luar negeri tanpa pelaku usahanya berangkat ke luar negeri. akan tetapi itu bisa terealisasi jika online marketing dilakukan dengan cara yang baik dan benar.

Begitupun sebaliknya, bagaimana GoDaddy bisa menjangkau pasar pelaku usaha online Indonesia, bahkan hampir seluruh dunia. Bagaimana team mereka merespon keluhan para pelanggan, jika tidak mengenal online marketing yang baik dan benar.

Dasar Online Marketing Yang Pertama : Mengenalkan Identitas Usaha Kepada Publik

Perlu diingat, citra yang baik perusahaan online yang sedang kita bangun harus dimulai dengan perkenalan yang baik, jika sudah demikian produk atau jasa objek marketing akan dengan mudah dipasarkan. Identitas usaha kita dimulai dari sini.
Infrastruktur teknologi yang canggih, engine media online, penataan halaman website dan konten penawaran diantara yang harus dibangun diawal, layanan purna jual, disiapkan dari awal, akan memperkokoh nilai jual usaha di masyarakat online.

Melakukan Riset untuk mengetahui seluk beluk kebutuhan konsumen jika dilakukan dengan benar akan mendongkrak tingkat keberhasilan pengenalan identitas usaha. Karena kita menjadi tahu formula apa yang harus disajikan dalam sebuah konten online marketing.

Pelajari : Hosting dan Domain, Sever, Tools Riset Kata Kunci, Web Design, Chat Software, User Interface, User Experience, Template Blog atau Website

Dasar Online Marketing Tahap Kedua : Menjadikan Konsumen Sebagai Prioritas

Kita sudah susah payah memperkenalkan identitas usaha kepada semua pihak, lantas setelah mereka merelakan segala sesuatunya, akan kita biarkan begitu saja ?, menjadi hal yang sangat konyol jika demikian kejadiannya.

Jadikan mereka para konsumen sebagai prioritas utama dan pertama, manjakan, rangkul mereka dengan apa yang kita tawarkan entah itu berupa barang ataupun jasa. Dengan begitu mereka akan menjadi konsumen yang setia. Hasilnya apa ?, Repeat Order.

Pelajari : Teknik Survey Online, Teknik Question and Answer, Email Marketing, Sales Letter, Landing Page

Jika Kedua Dasar Online Marketing ini sudah dijalankan maka akan terbentuk siklus konsumen usaha kita, seperti apa siklusnya, berikut penjelasannya.

 

  1. Konsumen menyadari bahwa ada sebuah produk atau jasa yang ditawarkan kepada mereka
  2. Karena perkenalan kita dibuat secara baik dan benar, termasuk dalam penawaran, maka konsumen pun memiliki ketertarikan yang sangat kuat
  3. Jika sudah memiliki ketertarikan yang sangat kuat, dan kita terus mengelola keinginan kuat mereka, rasa ingin memiliki apa yang ditawarkan akan tertanam dalam diri konsumen.
  4. Karena kita senantiasa intens menyapa mereka, dengan mudah mereka pun melakukan aksi dengan membeli apa yang kita tawarkan.
  5. Apakah berhenti sampai disitu ?, tidak. Konsumen kita akan menjadi pelanggan setia karena kita melakukan layanan purna jual yang menyenangkan, email marketing yang sopan dan terjadwal misalnya, bukan spamming. Belum lagi diadakan bonus bonus kejutan.
  6. Jika Siklus itu terpenuhi, konsumen yang sudah menjadi pelanggan setia pun akan dengan rela hati memberikan referensi usaha kita ke calon konsumen lainnya.
  7. Online Marketing kita kini telah menjadi Asset tak ternilai, tinggal menjaga dan merawatnya.
Tahapan siklus ini bisa didapatkan dengan penambahan hal-hal yang meski dikuasai dalam online marketing seperti :

Social Media, SEO, Content Marketing, Funelling, Customer Service

Dan itu harus mulai dipetakan saat pertama kali membuat Blue Print Usaha yang kita bangun dengan teknik perencanaan yang sangat matang. Perlu diingat : “Gagal dalam perencanaan sama dengan merencanakan kegagalan”, tak terkecuali dalam online marketing.

Semoga Sukses bisa segera dicapai.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *