Buka Usaha Tour Organizer Itu Ternyata Mudah Lho

Sukses Usaha Tour Organizer Berbekal Hobby Jalan Jalan dan Pengalaman Organisasi

buka usaha tour organizer
Image Source : Buatan Sendiri Ketika Belajar Ms. Paint

Mau buka usaha tour organizer ?, jika memang sudah bulat pada tekad, kenapa tidak, yuk kita simak pengalaman langsung berikut ini.

Kita mungkin sering mendengar istilah dalam sebuah bisnis, bahwa berbisnis itu haruslah pada sesuatu yang kita sukai dan kuasai.

Tujuannya supaya apa ?, tiada lain adalah supaya apa yang kita upayakan bisa menghasilkan sesuatu yang menyenangkan. Walaupun pada kenyataannya di lapangan, sekuat apa pun upaya yang kita lakukan untuk kesuksesan, selalu saja ada batu sandungannya. Tinggal kita yang tentukan, lanjut berjuang atau menyerah, itu saja.

Apa Hobby Kita ?

Jika kita menyukai dan menguasai bisnis yang kita bangun tentunya akan sangat menyenangkan, coba perhatikan para penulis – suatu pekerjaan yang sebenarnya sangat menjemukan bagi sebagian orang, tapi bagi para penulis professional, mereka sangat menyukai aktifitas pekerjaannya.

Salah satu bisnis adalah jasa tour organizer, tulisan ini dibuat sebagai pengalaman penulis ketika sedang berdomisili di Kota Bandung dan bergumul hampir setiap hari dengan pelaku usaha tour organizer.

Pemiliknya benar-benar sangat senang dengan profesinya, hampir semua tempat wisata di seluruh Indonesia sudah dia kunjungi berbekal keuntungan dari usahanya tersebut, berarti itu sama dengan jalan-jalan wisata tanpa bayar, bahkan dapat penghasilan.

Karena Hobby, Proses Usaha Jadi Dinikmati

Bisnis tour organizer adalah mencari, menghimpun, mengelompokkan, mengatur dan memenuhi niatan pihak-pihak yang hendak melakukan kegiatan tour atau kunjungan ke suatu tempat dalam rangkaian sebuah acara, apakah itu study, acara keluarga maupun sekedar wisata.

Dalam aktifitas itu semua, berarti pemilik usaha organizernya telah mendapatkan porsi atau jatah dalam rangkaian kegiatan dimaksud, jadi ya disitulah kaitannya dengan apa yang disukai dalam bisnis, kebetulan sang pemilik adalah orang yang sangat senang jalan-jalan, jadi akhirnya dia sangat menyukai pekerjaannya dan menikmati karena sesuai dengan hobby nya.

Pengalaman Aktif di Organisasi Jadi Sangat Bermanfaat

Berbekal pengalaman berorganisasi, menjadikan sang pemilik usaha sudah terbiasa dengan kegiatan suatu perhimpunan, jadi dia menjalankan kerja pada bidang yang dikuasainya, yaitu dalam hal mengorganisir, hasilnya pun tidak mengecewakan, justru sangat menyenangkan.

Banyak sekali para pihak baik individu maupun lembaga yang sudah menjadi langganannya, sampai sampai memiliki kegiatan rutin dengan menggunakan jasa tour organizer miliknya. Para pelanggan rata-rata puas dengan pelayanannya. Jadi betul sekali, jika disukai dan dikuasai suatu bidang usaha, hasilnya pun sesuai, tidak malah bertentangan.

Seperti Apa Cara Membuka Usaha Tour Organizer dengan Modal Awal Minim

Jika diatas tadi seolah curhat, sebenarnya yang mau saya sampaikan adalah mudahnya mendirikan sebuah tour organizer, dengan catatan harus ada kesesuaian kesukaan dengan usaha dimaksud, minimal ada keterkaitan lah. Contohnya, suka berkumpul, suka jalan-jalan, suka berbicara di depan orang banyak dan menguasai masalah pengorganisasian orang dalam jumlah banyak.

Untuk kali ini saya coba beberkan mendirikan tour organizer langsung berdasarkan pengalaman.

Memiliki Tempat Usaha Walaupun Kecil

Memiliki Tempat Sebagai Pusat Administrasi dan Identitas Usaha : Bukan hanya tour organizer ya, usaha lain pun tentunya membutuhkan yang namanya tempat usaha. Berdasarkan pengalaman, tempat yang digunakan pun hanya berupa rumah kecil yang intinya adalah untuk mengadministrasikan kegiatan usaha dan menerima calon pelanggan ketika mereka membutuhkan informasi lengkap dengan cara tatap muka.

Jadi tempat tidak perlu terlalu besar untuk tahap awal, karena kegiatan kebanyakan dilakukan di luar, tepatnya di lokasi tujuan tour dimaksud.

Sebagai contoh, Tidak mungkin kan satu sekolah yang akan study tour ke suatu tempat misalnya, seluruh pesertanya harus mendatangi tempat usaha organizernya sekedar untuk setor wajah, pastinya kan hanya perwakilannya saja. Bahkan seringnya dari pihak organizer yang berkunjung ke sekolah tersebut untuk pembicaraan teknis.

Mempekerjakan Sedikit Pekerja Yang Penting Multi fungsi di tahap awal

Mempekerjakan Orang yang berjaga di tempat usaha tidak perlu banyak dulu, berdasarkan pengalaman, waktu itu hanya dijaga 2 orang saja yang tugasnya sebagai administrasi dan bagian pemasaran merangkap design grafis. Tapi apakah hasilnya mengecewakan ?, ternyata tidak. Karena si empunya memang menyukai dan menguasai bidang ini jadi segalanya bisa dirampingkan, termasuk urusan karyawan.

Si pimpinan jeli, contohnya dalam hal pembayaran, kan bisa dilakukan di luar kantor, kadang sambil ngopi santai, akhirnya kan jalan-jalan lagi, happy happy lagi, sesuai hobby lagi, jadi kesannya enjoy banget kan jalaninnya. yang 2 orang karyawan saja yang stay di kantornya, sembari mencari pelanggan via telepon, internet dan aktifitas customer service pada umumnya lah.

Lakukan Kerja sama dengan penyedia jasa lain yang berhubungan dengan tour organizer

Apakah Selama ini liburan yang anda lakukan kurang berkenan atau kurang berkesan walaupun dilaksanakan dengan orang-orang terdekat bahkan orang tercinta Anda ? jika ya, kami yakin banyak hal yang menjadi faktor penyebabnya. Nah, dengan menggunakan jasa tour organizer, permasalahan seperti itu bisa terselesaikan.

Tour organizer mampu mengemas sebuah rangkaian acara menjadi sangat menyenangkan. Tapi kalau mengelola acara pelanggan yang jumlah pesertanya banyak, berarti tour organizer butuh banyak karyawan juga dong ?, disinilah diperlukan kejelian pemilik usaha, perkara karyawan demi suksesnya acara itu bisa dilakukan dengan cara kerjasama dengan pihak ketiga.

Pernah dengar kan usaha jasa penyewaan MC, jasa badut, jasa penyewaan property pesta, itu semua bisa menjadi rekanan dari sebuah usaha tour organizer, lakukan deal bisnis dengan mereka, share profit yang saling menguntungkan, dijamin mau kok mereka, namanya dikasih proyek pekerjaan, betul kan ?.

Dibawah ini kami sajikan contoh kata-kata yang pernah dibuat ketika memasarkan usaha tour organizer tersebut :

Kami mengerti dengan apa yang menjadi keluhan dari para pelaku paket wisata atau perjalanan terutama berkenaan dengan kepuasan para peserta liburan. Karena kami telah berpengalaman dalam hal ini, fokus serta memiliki armada yang mumpuni di bidang yang satu ini.

Anda perhatikan kata Armada yang mumpuni pada teks paragraf di atas, itu kebanyakan adalah orang-orang di jasa pihak ketiga. dilakukan kerjasama, share keuntungan dan acara tour pun sukses, pelanggan puas.

Lakukan Kerjasama Khusus dengan pihak usaha jasa transportasi

Kenapa ini dimasukkan pada poin ke-4, padahal kan sama sama kerjasama dengan pihak ketiga yang menyediakan jasa. Ya, karena memang untuk urusan transportasi ini sangat urgent. jadi membutuhkan perhatian khusus.

Sangatlah selektif di awal untuk kerjasama armada transportasi, karena ini akan menentukan masa depan usaha tour organizer yang kita bangun, menentukan nama baik, citra usaha kita.

Lakukan cek n ricek diawal menjalin kerjasama, sampai detil dan mendalam. sehingga akan saling menguntungkan dan terpenting tidak ada yang akan dirugikan. perlu diingat jangan sampai terjadi 1 hari sebelum hari keberangkatan tour tiba-tiba penyedia transportasi membatalkan secara sepihak, dengan alasan yang tidak jelas, calon pelanggan bisa kecewa, marah besar, dan siap siap saja dengan mudah citra buruk usaha tersebar.

Usahakan jalin kerja sama dengan lebih dari 1 jasa usaha armada transportasi, ini untuk menghindari penolakan order, ketika banyak yang memesan jasa tour organizer kita di waktu yang bersamaan.

Fokus, Professional dan jadilah pemberi solusi A-Z seputar tour organizer bagi pelanggan.

Lakukan Usaha ini secara fokus dan tersistem dengan rapi, senantiasa aktif memberi solusi bahkan menawarkan solusi untuk para calon pelanggan baru ataupun pelanggan lama.

Contoh solusi dimaksud misalnya, berlakulah fleksibel, sesuaikan apa yang menjadi keinginan para pelanggan dengan tetap menyodorkan ide atau konsep sebagai bahan masukan untuk kesuksesan suatu acara tour, sehingga jadi menyenangkan dan sangat dinikmati. Jadi pada intinya berikan solusi dari A sampai Z, dari mulai peserta keluar rumah sampai dengan pulang kembali ke rumah.

Sesekali sisipkan ide-ide segar dalam suatu acara sebagai inovasi dan kreasi yang fresh, misalnya ketika tour dilakukan di tanah priangan, buatlah suatu lomba membuat nasi liwet sunda untuk para peserta, asyik kan ?

Ingat bahwa ini adalah usaha Tour Organizer. Jadi, lakukan kegiatan mengorganisir segala kegiatan dari hal yamg terkecil, sehingga pelanggan benar-benar dimanjakan, pelanggan cukup menerima bersih, tidak usah repot tinggal menikmati tour dalam rangka liburan/tamasya, study atau apapun dengan sepuasnya.
Demikian Informasi tentang membuka usaha jasa tour organizer, ini benar benar dari pengalaman penulis langsung. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *