Asbabun Nuzul Ayat Dalam Al Quran

Sebab Diturunkannya Ayat Al Quran atau Asbabun Nuzul

Pada artikel kali ini, kami coba berbagi informasi yang sangat sederhana tentang sebab-sebab diturunkannya ayat Al Qur’an oleh Alloh SWT. kepada Nabi Muhammad SAW. (Asbabun Nuzul Ayat dalam Al Quran).

Dalam ilmu pengkajian Al Qur’an, berkenaan dengan sebab-sebab turunnya Ayat Al Qur’an ini dinamakan ilmu asbabun nuzul. Asbabun nuzul ini berkaitan dengan suatu peristiwa penting yang dialami Rasululloh sebagai penerima wahyu, ayat nya pun adalah berhubungan dengan peristiwa tersebut.

asbabun nuzul ayat dal al quran
Image Source : Pixabay.com

Asbabun Nuzul Sebagai Satu diantara Ulumul Quran

Kitab Suci Al Quran adalah Mu’jizat yang diturunkan kepada Nabi dan Rasul terakhir yaitu Sayyidina Muhammad SAW. Di sekitar kita kadang sering mendengar penggunaan istilah Mu’jizat yang ditujukan kepada orang biasa selain Nabi dan Rasul.

Itu perlu juga mendapatkan perhatian. Karena hanya untuk para Nabi dan Rasul saja kata Mu’jizat dinishbatkan. Kalau untuk orang biasa dikenal dengan istilah Maunah.

Al qur’an merupakan petunjuk bagi Umat manusia, itu merupakan kalam ilahi. Tidak ada satu makhluk pun yang mampu membuat Al Qur’an.

Al Quran memiliki kandungan nilai dan makna yang sangat luas dan sangat mendalam, sehingga untuk mengkajinya pun para ulama telah sependapat yaitu harus menguasai ilmunya. Terutama dalam urusan Tafsir Al Quran, tidak terkecuali perihal asbabun nuzul ayat dalam Al Quran.

Asbabun Nuzul Ayat Al Quran Sebagian dari Cara Memahami Al Quran

Untuk kaum muslimin, kemampuan memahami Al Qur’an senantiasa ditanamkan sejak usia dini. Hampir semua orang tua muslim sudah mengharuskan anak-anak mereka sejak kanak-kanak, mulai dari pengenalan huruf dalam Al Qur’an.

Makanya kita mengenal Buku Iqro dengan beragam model dan metode yang digunakan. Tujuan utamanya adalah supaya bisa melaksanakan kandungan dalam Al Quran.

Dimulai dengan mengenal, membaca, memahami arti, tafsir dan kaitan lainnya yang sangat begitu luas dan perlu waktu yang sangat panjang, satu diantaranya asbabun nuzul ayat dalam Al Quran.

Asbabun Nuzul Ayat Dalam Al Quran berkaitan dengan Sejarah Kerasulan Nabi Muhammad SAW.

Peristiwa berkaitan asbabun nuzul Al Qur’an ini sangat beraneka ragam sepanjang sejarah diturunkannya Kitab Suci Umat Islam ini.

Diantaranya ada yang berupa pertanyaan yang dilontarkan kepada Nabi Muhammad SAW. berkenaan dengan Hukum dalam Islam, Nabi pun menerima wahyu berupa ayat Al Quran sebagai jawaban dari pertanyaan tersebut.

 

Klasifikasi Ayat Dalam Al Quran

Ternyata, menurut para ahli Ilmu Al Quran ayat Al Quran yang tidak didahului peristiwa sebab diturunkannya ayat, lebih banyak dibandingkan dengan jumlah ayat yang memiliki sebab musabab turun ayat (asbabun nuzul).

Jadi 2 tipe ayat dalam Al Quranul karim itu adalah pengelompokan atau klasifikasi ayat.

 

Kategori Asbabun Nuzul Ayat dalam Al Quran

Khusus untuk ayat asbabun nuzul, para ahli tafsir membagi peristiwa asbabun nuzul dalam tiga kategori, yaitu :

1. Kategori Jadal yang berarti perdebatan

Perdebatan disini bisa sesama kaum muslimin, bisa kaum muslimin dengan non muslim, contoh untuk kategori jadal ini adalah ayat Al Quran pada Surah Ali Imran Ayat ke-96.

Perdebatan pada peristiwa itu adalah tentang kemuliaan dan keutamaan kiblat orang islam dengan orang yahudi. Peristiwa terjadi antara para shahabat Nabi dengan orang yahudi kala itu.

Memperdebatkan Ka’bah dan Baitul Maqdis, masing-masing bersikukuh bahwa kiblat merekalah yang paling utama dan paling mulia, selanjutnya turunlah Ayat ke-96 Surat Ali Imran ini.

2. Kategori Kesalahan

Ayat Al Qur’an diturunkan untuk memperbaiki kesalahan yang dilakukan para shahabat Nabi kala itu, sehingga tidak diulangi lagi kesalahannya tersebut.

Untuk contoh kategori ini, adalah Surah An-Nisa pada Ayat ke-43. Peristiwa ini terjadi di masa shahabat Abdurrahman Bin Auf.

3. Kategori Harapan dan Keinginan

Dari Sebuah sumber diceritakan Bahwa Al Barra’ bercerita bahwa selama kurang lebih 16 Bulan Rasululloh SAW., menghadap Baitul Maqdis ketika beliau Sholat sesampainya di Kota Madinah Al Munawwaroh.

Sementara beliau lebih suka berkiblat ke Ka’bah, sehingga Baginda Nabi senantiasa menengadah ke langit ketika beliau Shalat, berharap Alloh menurunkan wahyu yang memerintahkan beliau untuk menghadap ke Ka’bah. Maka turunlah ayat “Qod Naroo Taqolluba Wajhika Fissamaai….” (Ayat dan Surahnya Insya Alloh akan kami update).

Asbabun Nuzul Ayat Al Quran merupakan Hadits pada Hakikatnya

Ternyata, Asbabun Nuzul ayat dalam Al Quran termasuk pada ilmu Riwayah dan pada hakikatnya adalah merupakan Hadits.

Demikian Uraian singkat tentang Asbabun Nuzul yang coba kami himpun dari beberapa sumber lain, karena ini berkaitan dengan Kitab Suci Al Quran sebagai Wahyu Ilahi yang diturunkan kepada Nabi dan Rasul SAW.

Maka kami sangat menerima masukan dari para ahli di bidang ini, seandainya ada kekeliruan atau kesalahan yang fatal dalam tulisan, kami akan segera memperbaikinya dengan senang hati. Kepada Yang Maha Kuasa kita memohon Ampunan dari segala kealfaan. Semoga Informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *